Sign up with your email address to be the first to know about new products, VIP offers, blog features & more.

Koperasi Diharapkan Merambah Sektor Lain

By Posted on 0 No tags 0

Dalam rangkaian peringatan Hari Jadi Kabupaten Pacitan ke 272 Dinas Koperasi dan Usaha Mikro menggelar lokakarya tata kelola koperasi. Kegiatan yang dilaksanakan di pendopo kabupaten tersebut bertujuan untuk lebih memberdayakan koperasi sendiri maupun Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM). “Muaranya tentu pada peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui tata kelola koperasi,” kata Kepala Dinkop dan UM Eni Setyowati, Kamis, 9/2/2017.

Diharapkan lokakarya dapat menambah wawasan pelaku koperasi. Sebab, lembaga melandaskan kegiatan berdasarkan prinsip gerakan ekonomi rakyat berasas kekeluargaan ini tidak hanya berkutat pada simpan pinjam. Tetapi juga merambah sektor lain. Seperti perdagangan dan sektor riil. “Akses terhadap usaha riil juga harus terbuka,” terang Eni.

lokakarya koperasi pacitan

Dalam sambutannya Bupati Indartato menjelaskan bahwa keberadaan koperasi secara fundamental adalah untuk menyejahterakan masyarakat. Sesuai Undang-undang Dasar 1945 pasal 33 ayat 1,2, dan 3 ada tiga pelaku utama perekonomian di Indonesia. “Ketiganya adalah BUMN, swasta, dan koperasi,” ujarnya.

Lebih lanjut Bupati menjelaskan, sesuai aturan, pemerintah juga punya tanggung jawab terhadap koperasi. Mulai perizinan sampai pada pengembangannya. Sehingga jargon koperasi sebagai soko guru perekonomian benar-benar terwujud.

Saat ini di Kota 1001 Goa ini total ada 552 koperasi. Sebagian besar masih aktif beroperasi.

No Comments Yet.

What do you think?

Your email address will not be published. Required fields are marked *