Sign up with your email address to be the first to know about new products, VIP offers, blog features & more.

CIPTAKAN WISATA NYAMAN, PEMKAB SERIUS DIDIK MASYARAKAT

Pacitan – Mengembangkan sektor Pariwisata tidak cukup mengandalkan kekayaan sumber daya alam semata. Sumber daya manusia yang mumpuni juga diperluka untuk menjadikan pariwisata menjadi sektor yang berdaya saing.

Salah satu yang berperan penting dalam pengembangan kepariwisataan adalah masyarakat sekitar obyek wisata. Mereka adalah bagian tak terpisahkan dalam mewujudkan iklim pariwisata yang baik serta menarik.

Indartato Pacitan

Menurut Bupati Pacitan Indartato, masyarakat harus diedukasi sehingga mampu menjadi tuan rumah yang baik. Harapannya, wisatawan terkesan dan akan berkunjung kembali ke Kota 1001 Gua.

”Seperti pepatah Jawa kita harus mampu menunjukan gupuh, aruh, lan suguh kepada para tamu dan itu tidak lepas dari peran masyarakat sekitar,” kata Pak In saat dialog bertajuk MEMBANGUN EKONOMI MELALUI SEKTOR PARIWISATA di studio Radio Suara Pacitan, Kamis (16/2/2017) siang. Dialog juga disiarkan berjaringan oleh Radio Republik Indonesia (RRI).

Bupati mengakui peran masyarakat saat ini sudah cukup bagus. Saat menyambut wisatawan, senyum sapanya sangat ramah. Pun bagi pedagang di sekitar lokasi wisata tidak mempermainkan harga semaunya.

Pengamat Pariwisata DR Mukodi melihat perilaku masyarakat sudah mulai membaik. Yang terpenting, menurut Wakil Ketua STKIP PGRI Pacitan itu, bagaimana manajemen pariwisata mampu memanjakan turis. Tak terkecuali pemenuhan infrastruktur pendukung, seperti akses ke lokasi wisata yang memadai serta parkir kendaraan yang luas.

“Harus ada inovasi, semisal pengembangkan terpadu pariwisata. Dari lokasi wisata satu ke wisata yang lain dapat sambung, sehingga pendatang akan merasa nyaman,” ungkapnya.

Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga Endang Surjasri yang juga menjadi nara sumber mengatakan, untuk mengembangkan pariwisata dibutuhkan sinergitas antara semua pihak. Satu diantaranya adalah peran masyarakat sekitar. Warga harus sadar akan kebersihan serta ramah terhadap pengunjung.

“Kita tidak mungkin meninggalkan peran masyarakat karena membangun pariwisata jangan sampai menghilangkan khazanah budaya dan kearifan lokal,” ujar Endang Surjasri menambahkan.

Seperti diketahui, Kabupaten Pacitan memiliki potensi sumber daya yang kaya. Selain wisata alam, wilayah di ujung barat daya Provinsi Jawa Timur ini juga memiliki banyak kekayaan budaya serta wisata sejarah. Termasuk di antaranya wisata religius.

No Comments Yet.

What do you think?

Your email address will not be published. Required fields are marked *